Posted by : Erik Abdul Rohman Senin, 05 Januari 2015

MESIN BOR MILLING 
MESIN GURDI ATAU MESIN BOR
Proses gurdi biasa dilakukan di atas mesin gurdi. Mesin gurdi dirancang bervariasi untuk mengakomodasi variasi bentuk benda kerja serta ukuran dan kualitas lubang yang harus dibuat. Mesin gurdi memiliki banyak bentuk dan ukuran, dari mesin gurdi kecil yang dioperasikan dengan tangan misalnya adalah bor yang sering kita jumpai bahakan kita pakai sehari-hari dan juga mesin mesin gurdi meja dan mesin yang dipasang di atas lantai. Mesin ini dapat menghasilkan operasi selain gurdi, seperti countershink, couterboring, reaming dan tapping pada lubang besar ataupun kecil. 
Mesin gurdi atau disebut drill press digunakan untuk membuat lubang ke dalam atau menembus benda kerja. Mesin gurdi menggunakan pahat yang memiliki mata potong pada ujungnya. Pahat ini dipegang pada mesin dengan menggunakan chuck atau dengan tangkai yang berbentuk tirus (Morse taper). Pahat gurdi diputar dan diumpankan ke dalam benda kerja pada kecepatan putaran yang dapat divariasikan. Mesin gurdi dapat dipakai untuk operasi yang lain, misalnya countershink, pelebaran/ pembesaran lubang, counter bor), spot facing, reaming dan taping gambar disamping membuat lubang silindrik normal.
Operator mesin gurdi harus mengetahui persiapan kerja, pengaturan keceptan putar dan pemakanan dan penyediaan coolant untuk memperoleh finishing produk yang diinginkan. Kapasitas mesin gurdi biasanya ditentukan oleh ukuran benda kerja yang akan digurdi. Ukuran mesin gurdi juga dapat ditentukan dengan ukuran lubang terbesar yang dapat dibuat, jarak antara spindel dan kolom, atau jarak vertikal dari meja kerja terhadap ujung spindel.
Gbr B. Proses Bor



Proses bor adalah proses pemesinan yang menghasilkan lubang silindrik pada benda kerja logam ataupun non-logam. Proses gurdi dilakukan di atas mesin gudi dan dapat juga dilakukan di atas mesin bubut. 
Pahat untuk untuk membuat lubang silindrik ini dikenal dengan penggurdi puntir (twist-drill) yang memiliki dua mata potong. Alur (flute) penggurdi puntir yang berbentuk spiral atau terpuntir berfungsi sebagai jalan keluar geram hasil pemotongan yang terjadi di ujung pahat. 
Gerak rotasi penggurdi akan menghasilkan gerak potong. Gerak potong juga dapat terjadi karena putaran benda kerja, misalnya pada mesin bubut.
Gerak pemakanan pada proses gurdi terjadi karena gerakan translasi pahat gurdi pada arah sumbu putarnya. Kecepatan pemakanan pahat gurdi akan menentukan ukuran geram.
kerja.Proses pembuatan lubang disebut dengan proses gurdi (drill) Seperti yang terlihat di bawah ini adalah perbedaan antara gurdi dan bor. Penjelasanya adalah
  1. Proses gurdi dibedakan antara membuat lubang dan membesarkan lubang benda
  2. Proses pembesaran lubang disebut sebagai proses bor (boring).

{ 3 komentar... read them below or Comment }

  1. gambarnya gambarnya ditampilkan supaya bisa dijadikan bahan referensi

    BalasHapus
  2. I cannot thank lemeridian funding service enough and letting people know how grateful I am for all the assistance that you and your team staff have provided and I look forward to recommending friends and family should they need financial advice or assistance @ 1,9% Rate for Business Loan .Via Contact : . lfdsloans@lemeridianfds.com / lfdsloans@outlook.com. WhatsApp...+ 19893943740. Keep up the great work.
    Thanks, Busarakham.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

welcome

Read more: http://ariefbudiyantoo.blogspot.com/2013/02/cara-membuat-tulisan-berjalan-mengikuti.html#ixzz3OsB4SFYG
Welcome to My Blog

Popular Post

Followers

navssa

gambar

- Copyright © 2013 ROHMAN -Dark Amaterasu Template -